SM Biro Bangunan - Mojokerto

Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Desain Bangunan Gedung Taman Kanak-Kanak : PENATAAN RUANGAN KELAS DAN TEMPAT BERMAIN

PENATAAN LAY OUT RUANGAN KELAS DAN TEMPAT BERMAIN TAMAN KANAK KANAK

INFORMASI
Type Bangunan : Bangunan Tempat Pendidikan
Konsep Bangunan : Tropis
Lokasi : Jombang, Jawa Timur (Jatim)
Ukuran Tanah : 18 x 22 m
Ukuran Bangunan : 208 m2 (1 lantai)
Client/Owner : Yayasan PAUD dan Taman Kanak Kanak
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI

Pada sesi ini kami ingin berbagi cerita tentang sebuah job perancangan bangunan gedung pendidikan Taman kanak Kanak dari sebuah yayasan pengelola PAUD dan TK. Sebenarnya kami belum pernah mendapat pekerjaan semacam ini, jadi kami ini anggap sebagai sebuah pengalaman baru dalam merancang bangunan gedung pendidikan. Hal ini disebabkan karena Kegiatan belajar mengajar pada anak usia TK tentunya tidak bisa disamakan dengan anak sekolah SD, SMP, SMU apalagi mahasiswa perguruan tinggi, jadi dalam merancang gedung ini terlebih dahulu kami harus banyak bertanya kepada pihak pengelola tentang kegiatan belar mengajar rutin di tempat tersebut.


Dari hasil tanya jawab ditambah dengan survei alias melihat-lihat beberapa bangunan gedung TK/PAUD yang ada di beberapa tempat, akhirnya jadilah desain hasil kreasi kami. Pada bangunan ini kami membagi ruangan menjadi 4 ruangan besar, yaitu 2 ruang kelas (kelas A dan kelas B), ruang administrasi merangkap ruang guru dan kepala sekolah dan ruang bermain indoor. Ruang bermain indoor sengaja dibuat dengan fungsi sebagai ruang interaksi bersama bagi murid-murid TK, yang digunakan semisal ada acara-acara semisal mengundang badut dan sebagainya.

Dan tentunya tak ketinggalan pula disediakan ruang bermain out door di halaman depan yang dilengkapi beberapa sarana bermain, serta tempat bermain nan sejuk disamping gedung TK dengan memanfaatkan sebuah pohon rindang yang ada. Kalo begini, kenangan masa lalu saat masih TK jadi muncul lagi di benak kepala.....duh, alangkah senangnya jadi anak kecil...hehehe..











Denah/ Lay Out Bangunan Gedung TK :

7 komentar:

  1. Ass. Saya pengelola Paud Dan TK, denah bangunan tk sy hmpir sama dg denah yg diatas prbedaannya hanya posisinya saja dan luas nya 16x17m2 dan ltaknya di dalam bukan di pinggir jl. Sy ingin skali menukarnya dg rumah sy yg berada d pinggir jl dg ukuran 16x19m2 yg ltaknya berada d hook dan jrak nya hnya bbrapa rtus meter dari tk sy. persoalanya rmh sy ini full bangunan dan sy bingung untuk merenovasinya dan masalah biayanya. Apakah hrus ditukar posisinya karena letaknya didalam jd tidak banyak yg tahu dan muridnya jadi sedikit. Sy sangat berharap saran darai anda dan terima kasih. Wass.

    BalasHapus
  2. DESAIN NYA BAGUS THANK YOU KBETULAN INI MAU MENGAJUKAN PROPOSAL UNTUK BANGUNAN PAUD...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau mengajukan proposal dana kemana ya?? makasih.
      dan kami ingin membeli lahan untuk sd, kmana juga bisa di dapat.

      Hapus
  3. berapa yah total biayanya untukbangunan seperti itu?

    BalasHapus
  4. klo diatas lahan 100M2 bisa ngk ya..?

    BalasHapus
  5. Saya punya lokasi ruko uk. 7 x 20 saya rencana ingin buka TK tolong saran dan masukan desainnya, thanks

    BalasHapus
  6. bagus bangeet... kebetulan saya sedang mengajukan proposl pendirian PAUD.tapi barangkali ada desain bangunan yang memanjang,kebetulan lahan yang kami punya berbentuk sempit memanjang

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :