SM Biro Bangunan - Mojokerto
Jl. Arjuna No. 1 Perum Griya Japan Raya

Contact Person :

GSM : 081336090047 / 085749061347 (Tunggal)
GSM : 081331048590 (Helmy)



SM Biro Bangunan - Jakarta

Chase Plaza 20’th floor
Jl. Sudirman kav 21 Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Contact Person :
GSM :
08170908132 / fleksi 021-70941431 (David. T)


Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Desain Rumah Bpk Sumantri : RUMAH TROPIS MINIMALIS DI LINGKUNGAN DESA NAN ASRI

RUMAH TROPIS MINIMALIS DI LINGKUNGAN DESA NAN ASRI
INFORMASI

Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Tropis,Minimalis
Lokasi : Jombang, Jawa Timur (Jatim)

Ukuran Tanah : 13 x 18 m

Ukuran Bangunan : 190 m2

Client/Owner : Bpk Sumantri

Status : Desain, Perencanaan

Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI :
Kali ini kami mendapatkan job perancangan pada lokasi yang terletak di kawasan pedesaan nan asri dengan nuansa pepohonan, sawah dan sungai di dekat site plan. Setelah beberapa kali konsultasi dengan klien akhirnya diputuskan untuk membuat desain rumah tinggal dengan model tropis yang menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.


Ukuran tanah yang tergolong luas (maklum di desa…) membuat kami leluasa untuk menentukan penataan lay out sesuai keinginan klien, yang menginginkan ruang sbb :
1 ruang tamu,1 kamar utama dengan kamar mandi dalam, 3 kamar tidur anak, 1 kamar praktek plus kamar mandi dalam, 1 ruang tunggu pasien, 1 musala keluarga, 1 kamar mandi, 1 ruang cuci + jemur, 1 ruang makan+keluarga, 1 dapur, 1 taman, 1 gudang dan 1 carpot.

Pemilihan desain bangunan rumah ini menerapkan sistem penghawaan alami dikarenakan keunggulan mutu udara di lokasi yang tergolong masih asri, dengan menerapkan banyak bukaan udara di beberapa titik bangunan. Model atap dipilih tipe pelana, karena selain konstruksinya relatif sederhana juga lebih hemat material. Penerapan talang air juga berusaha kami hindari agar nantinya atap rumah minim perawatan, mengingat kemungkinan banyak daun-daun pepohonan yang akan terbawa angin dan menempel di genting rumah. Tentunya akan repot sekali jika secara periodik harus membersihkan daun-daun di talang rumah agar tidak tersumbat kotoran saat musim hujan.

Agar kesan gaya minimalis pada fasade rumah tidak hilang, maka pada ruang tunggu pasien ditambahkan sunscreen dari railing besi bermotif garis-garis khas minimalis, begitu pula pada pagar rumah menggunakan besi kotak bercat hitam motif garis-garis khas minimalis. Kemudian pada teras rumah juga dipasang beton garis-garis khas desain minimalis. Bagaimanapun juga, klien kami juga ingin agar desain bangunan tetap mengikuti tren bangunan saat ini.

Namun biar tidak terkesan terlalu monoton, bentuk bukaan udara diatas sun screen dipilih dengan model segi delapan. Pemasangan batu alam pada tiang dan pagar rumah juga dilakukan agar kesan alami lebih kuat. Penerapan paving block pada carpot dimaksudkan agar air hujan langsung meresap ke bumi, sehingga secara tidak langsung kita turut menjaga kelestarian alam ini.







2 komentar:

  1. Bagus bngt desainnya, ada denahnya gan? mau dunk di posting denahnya.. makasih

    BalasHapus
  2. mantaooop desainnya.... setuju sma yang di atas...
    Pianphotograph.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :