SM Biro Bangunan - Mojokerto
Jl. Arjuna No. 1 Perum Griya Japan Raya

Contact Person :

GSM : 081336090047 / 085749061347 (Tunggal)
GSM : 081331048590 (Helmy)



SM Biro Bangunan - Jakarta

Chase Plaza 20’th floor
Jl. Sudirman kav 21 Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Contact Person :
GSM :
08170908132 / fleksi 021-70941431 (David. T)


Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Desain Rumah Bpk Gik : MENYULAP BANGUNAN RUMAH TUA MENJADI HUNIAN MODERN MINIMALIS

MENYULAP BANGUNAN RUMAH TUA MENJADI HUNIAN MODERN MINIMALIS
INFORMASI

Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Tropis, Minimalis

Lokasi : Jombang, Jawa Timur
(Jatim)
Ukuran Tanah : 230 m2

Ukuran bangunan : 110 m2

Client/Owner : Bpk Gik

Status : Desain, Perencanaan

Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI :
Keunikan pada perancangan pada project ini adalah, bagaimana merenovasi sebuah bangunan tua, warisan dari orang tua klien yang dibangun pada tahun 50-an menjadi satu hunian bergaya minimalis modern. Hal ini dikarenakan setelah meninjau lokasi, kami rasa struktur bangunan lama ini termasuk masih cukup kokoh untuk ukuran jaman sekarang.


Maklumlah, struktur bangunan ini dibuat dari pasangan dinding satu bata, dan cukup terpelihara hingga beberapa tahun yang lalu. Dengan menambahkan kolom beton pada tiap-tiap sudut dan ring balk sebagai pengikat, tentunya tidak kalah dengan bangunan baru. Satu-satunya kekurangan dari bangunan tua adalah lay out ruangannya cenderung ‘aneh’ untuk pemahaman jaman sekarang. Bayangkan saja, ukuran ruang tamu 3.5 x 5 m sementara ukuran kamar tidur cuma 2.5 x 3 m saja, tentunya sekarang sudah terbalik dimana ruang tamu cenderung mengecil dan kamar utama cenderung luas.

Selain itu penempatan kamar mandi pasti terletak paling di posisi belakang, dekat sumur terbuka yang masih memakai timba pula. Mohon dimaklumi, karena saat itu belum ada yang namanya pompa air listrik, pipa PVC, apalagi shower. Dan harus diingat bahwa pada saat itu kamar mandi adalah ruang yang cenderung kotor, berlumut, plus bonus bau jamban yang tak sedap.....

Kembali pada perbincangan kita, untuk kasus ini diputuskan untuk melakukan renovasi total dimana seluruh kap atap dibongkar, beberapa sekat tembok dibongkar untuk merubah lay out, semua plesteran dinding dikuliti, dan tak lupa melubangi tiap sudut-sudut pertemuan dinding, sebagai tempat pemasangan kolom praktis dari beton bertulang. Alhasil, lay out ruangan berubah total sesuai dengan keinginan klien yang membutuhkan ruang tamu, 2 ruang tidur, ruang keluarga, ruang makan, musala keluarga, dapur, taman, carpot, kamar mandi dan tempat cuci/jemur.

Lokasi lahan yang berukuran luas dan dan lingkungan pedesaan yang masih asri menjadi satu keunggulan dari perancangan bangunan ini. Untuk itu maka ukuran bangunan kami rancang sedemikian rupa agar sesuai dengan peraturan pemerintah mengenai Koefisien Dasar Bangunan (KDB) dimana perbandingan luas lahan terbangun dengan luas taman sebesar 60:40. Dengan demikian diharapkan maka luasan taman pada bangunan bisa berfungsi maksimal sebagai local climate modifier. Sebab itulah bukaan hawa pada bangunan dibuat berukuran lebar, dengan tujuan mendapatkan penghawaan alami yang bisa meliputi setiap sudut rumah.

Desain fasade dipilih gaya minimalis modern yang condong ke gaya art deco, dengan ciri permainan geometri atap dan kombinasi cat warna pada dinding. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan karakter yang lebih kuat dari fasade bangunan, sehingga diharapkan bisa menjadi land mark dari lingkungan sekitarnya. Sedang kesan minimalis tetap dimasukkan melalui paduan antara aksen beton garis, sunscreen dari besi kotak bercat hitam dengan motif garis-garis, serta aksen batu alam pada tiang yang terletak di teras. Tak terkecuali pula pada dinding luar kamar mandi, juga diberi motif garis-garis yang mencirikan gaya minimalis.

Untuk menambah kesan asri, rumah tinggal ini dikelilingi oleh taman yang terletak di berbagai sudut lahan mulai dari halaman depan, kedua halaman samping serta taman dalam rumah yang terletak di ruang void yang berhadapan dengan musala keluarga. Keunggulan taman dalam rumah adalah selain menjadikan rumah lebih asri, juga dapat berfungsi sebagai akses pancahayaan dan penghawaan alami secara merata di dalam rumah.

Posisi carpot dipilih di halaman samping yang memiliki akses langsung dengan pintu dapur sehingga memudahkan saat membawa barang belanjaan yang agak banyak. Tujuan akhir dari perancangan ini adalah, mendesain sebuah bangunan rumah yang memiliki fasade unik dan berbeda dengan bangunan-bangunan di sekitarnya.



Foto Rumah Eksisting







2 komentar:

  1. ulasan deskriptif yang sangat menarik. dan upaya memaksimalkan dasar pada bangunan agar optimal saat renovasi, patut diacungi jempol.
    mungkin utk beberapa istilah teknis arsitektur, perlu diberi penjelasan tambahan. mungkin di categori khusus ttg makna kosakata yg jarang didengar orang awam macam saya nie. trima kasih.

    BalasHapus
  2. bagus sekali konsepnya...
    apalagi dengan motto yg seperti itu...

    semoga sukses ya..
    Salam kenal

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :