SM Biro Bangunan - Mojokerto

Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Desain Rumah Ibu Sari : RUMAH MINIMALIS UNIK DI POJOK JALAN

RUMAH MINIMALIS UNIK DI POJOK JALAN
INFORMASI

Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis
Lokasi : Malang, Jawa Timur (Jatim)

Ukuran Tanah : 9 x 13 m (hook)
Ukuran Bangunan : 85 m2
Client/Owner : Ibu Sari
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI :
Dalam perancangan lay out bangunan pada project ini ada satu hal penting yang tidak bisa diabaikan, yaitu lokasi tanah klien terletak di posisi pojok/hook sebuah perumahan di kota Malang, sehingga untuk fasade bangunan nantinya harus bisa dilihat dari 2 sudut yang berbeda. Selain itu juga ada kemungkinan tamu mendatangi dari 2 sisi tersebut. Untuk itu sengaja kami menyarankan kepada klien untuk menempatkan ruang tamu di posisi pojok, yang dapat diakses dari 2 entrance yang berbeda. Oleh sebab itulah penataan lay out ruang tamu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki 2 pintu dan 2 teras di sisi yang berbeda.


Selanjutnya, posisi carpot dipilih untuk diletakkan di posisi samping rumah yang memiliki akses langsung dengan dapur dan ruang makan, sehingga memudahkan transportasi barang sepulang berbelanja. Agar tidak terlalu mengurangi intensitas pencahayaan, atap carpot dipilih dari jenis bahan polycarbonat yang berwarna hijau terang. Penggunaan bahan Polycarbonat yang tembus cahaya, juga akan memperkuat kesan ringan dari fasade bangunan.

Secara keseluruhan, pihak klien meminta agar model rumah didesain dengan gaya minimalis, yang memang sedang menjadi trend masyarakat saat ini. Untuk itu dipilih model pagar dengan bahan besi kotak bercat hitam dengan motif garis-garis khas minimalis. Pemilihan model atap pelana yang telah dimodifikasi dilakukan dengan tujuan minus talang air sehingga minim perawatan. Permainan geometri dengan pemilihan sudut atap menjulang tinggi sengaja dipilih agar fasade bangunan tampak lebih berkarakter dan mencirikan rumah-rumah tempo dulu yang ada di kota Malang yakni beratap tinggi lancip.

Dan sebagai pemanis agar tampak berkesan segar alami, pada beberapa titik bangunan diberikan aksen pasangan batu alam dan tak lupa penerapan taman dengan satu tanaman utama sebagai point of interest di sudut halaman. Pemilihan material kayu yang dipelitur coklat sebagai bahan pintu pagar, semakin menambah kesan alami pada desain ini.

Motto : Anda adalah arsitek-nya, kami hanya membantu mewujudkannya





5 komentar:

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :