SM Biro Bangunan - Mojokerto
Jl. Arjuna No. 1 Perum Griya Japan Raya

Contact Person :

GSM : 081336090047 / 085749061347 (Tunggal)
GSM : 081331048590 (Helmy)



SM Biro Bangunan - Jakarta

Chase Plaza 20’th floor
Jl. Sudirman kav 21 Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Contact Person :
GSM :
08170908132 / fleksi 021-70941431 (David. T)


Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Tips Menghitung Roster untuk Menciptakan Cross Ventilation Rumah Kita

Roster adalah elemen ventilasi udara yang sangat populer di Indonesia, mengingat suhu tropis yang berhawa panas dan lembab menyebabkan ventilasi udara bangunan rumah harus lancar. Jika sirkulasi udara tidak maka dijamin ruangan rumah kita bakal pengap, panas alias gerah dan bikin penghuni rumah merasa tidak nyaman terlebih di musim kemarau panjang saat ini sampai banyak kasus asap akibat kebakaran hutan di berbagai propinsi.

roster beton motif bunga
roster beton motif bunga
Sebenarnya kondisi pengap ruangan bisa dihilangkan secara mudah dengan memasang AC, tinggal beli, pasang dan suhu ruangan jadi segar, tapi konsekuensinya ada pengeluaran ekstra buat bayar tagihan listrik dan perawatan AC rutin supaya tidak cepat rusak. Selain itu ada info jika kebiasaan terlalu lama tinggal di ruangan ber AC selama bertahun-tahun dan kurang mendapatkan udara segar di luar ruangan juga bisa membawa efek kurang baik bagi kesehatan.
roster beton motif polos
roster beton motif polos
Alternatif lainnya adalah memasang kipas angin atau exhaust fan untuk menciptakan aliran udara di dalam ruangan sehingga udara bisa terasa lebih segar bagi penghuni rumah. Solusi yang lebih baik adalah dengan menciptakan sirkulasi udara yang lancar pada ruangan menggunakan ventilasi udara alami dengan memasang roster beton pada dinding. Mengapa dipilih roster beton adalah karena harganya jauh lebih murah daripada roster keramik atau roster kayu jati tapi jika dicat maka tampilannya tetap bagus dan awet bebas ancaman rayap.
cross ventilation (sumber : internet)
Untuk itu dari tahap desain rumah harus ditata sedemikian rupa supaya tercipta cross ventilation alias aliran udara silang pada bangunan rumah, yaitu bukaan-bukaan yang diletakkan saling berhadapan pada sisi-sisi ruangan sedemikian rupa sehingga aliran udara bisa mengalir dengan lancar. Prinsip kerja cross ventilation adalah memanfaatkan beda zona tekanan udara pada kedua sisi bangunan sehingga tercipta aliran udara, dalam hal ini udara segar yang mengalir di rumah jangan sampai terhambat atau udara panas 'terjebak' akibat kurangnya bukaan atau penempatan yang salah. Jadi jika mendesain rumah usahakan posisi pintu berada di sisi yang berhadapan dengan dinding yang ada jendelanya dengan posisi menyerong 'membelah' ruangan dengan tujuan efek aliran udara bisa lebih merata.
rumah dengan ventilasi udara yang baik (sumber : internet)
Luasan minimal ventilasi udara agar rumah terasa segar adalah berkisar 5 persen pada bangunan rumah tinggal hingga 10 persen pada bangunan kantor/pabrik, namun idealnya adalah 20 persen dari luas ruangan. Jadi semisal ruangan kamar berukuran 3x3=9 m2 maka dengan asumsi 5 persen luas minimal roster untuk ventilasi adalah 0,45m2 yang dibagi dua pada posisi saling berhadapan.
Misal memakai roster beton motif polos ukuran 30x30cm maka diperlukan 5 buah roster dengan jumlah 3 buah di atas jendela kamar dan 2 buah di atas pintu kamar.
Tentunya itu jumlah minimal, jadi lebih baik ditambahkan semisal masing-masing 3 buah roster beton di atas jendela dan 3 buah lagi di atas pintu. Selanjutnya rumus tersebut bisa diterapkan pada ruangan-ruangan yang lain. Semoga bisa bermanfaat.

  

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :