SM Biro Bangunan - Mojokerto
Jl. Arjuna No. 1 Perum Griya Japan Raya

Contact Person :

GSM : 081336090047 / 085749061347 (Tunggal)
GSM : 081331048590 (Helmy)



SM Biro Bangunan - Jakarta

Chase Plaza 20’th floor
Jl. Sudirman kav 21 Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Contact Person :
GSM :
08170908132 / fleksi 021-70941431 (David. T)


Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Percantik Bangunan Rumah dengan Krawangan GRC

Krawangan atau ventilation screen adalah ornamen dekoratif berupa sekat berlubang  yang berfungsi sebagai ventilasi udara sekaligus pencahayaan alami. Kreatifitas pembuat krawangan dengan membuat berbagai motif dan material berhasil menampilkan wujud krawangan dalam berbagai ragam yang begitu indah seperti krawangan alumunium, krawangan kayu, krawangan batu alam, atau krawangan GRC (glassfibre reinforced concrete).  Krawangan GRC yang merupakan varian dari jenis panel GRC customade  memiliki sedikit kemiripan dengan roster beton namun memiliki berbagai keunggulan terutama dalam bobot, motif dan ukuran custom yang bisa diwujudkan.
krawangan pada jendela rumah
krawangan pada jendela rumah (sumber : internet)
Umumnya krawangan GRC yang kita temui adalah terpasang pada tempat ibadah atau bangunan publik seperti masjid, gereja, kraton,  apartemen atau gedung perkantoran dengan motif yang mencerminkan identitas bangunan tersebut seperti motif islami, motif batik dan sebagainya. Namun tak ada salahnya mengaplikasikan krawangan GRC sebagai elemen dekoratif yang mempercatik bangunan rumah tinggal. Ada banyak produsen panel GRC krawangan yang bisa dijumpai di internet termasuk pula GRC HEXACON INDONESIA , yang kebetulan kami lihat situsnya begitu unik menyajikan berbagai motif dan artikel tentang krawangan di weblog mereka.
ornamen krawangan pada pagar
ornamen krawangan pada pagar (sumber : internet)
berbagai contoh  krawangan GRC
berbagai contoh  krawangan GRC (sumber : internet) 
Mempercantik rumah dengan krawangan GRC adalah sebuah ide bagus buat diterapkan mengingat krawangan GRC memiliki berbagai motif sebagai aksen pembentuk fasade bangunan. Coba dibayangkan sebuah sudut bangunan dengan dinding polos terlihat hampa/kosong,  jika diberi krawangan GRC maka akan menjadi satu aksen unik sesuai motif krawangan misal motif Islami atau motif batik yang indah. Disini krawangan GRC telah berhasil mengubah imej dari dinding hampa menjadi lebih ‘hidup’ sesuai motif yang menarik perhatian mata. 
krawangan GRC pada fasade sebuah gedung
krawangan GRC pada fasade sebuah gedung (sumber : internet)
krawangan GRC sebagai sekat ruangan
krawangan GRC sebagai sekat ruangan (sumber : internet)
Selain mempercantik  rumah, krawangan GRC juga berfungsi sebagai ventilasi udara yang berfungsi mengalirkan udara alami dari luar ke dalam ataupun sebaliknya, dan juga sebagai pencahayaan alami dari sinar matahari. Coba perhatikan bayang2 yang tercipta saat sinar matahari menerpa krawangan, akan membentuk sebuah pola yang unik di ruangan. Dengan sedikit kreatifitas, krawangan GRC juga bisa digunakan sebagai penyekat ruangan ataupun sebagai panel dekoratif yang di tempel di dinding. Finishing krawangan GRC umumnya di cat seperti cat tembok atau cat kayu. 
Jika lebih diperinci maka krawangan GRC bisa berfungsi sebagai :

  • ventilasi udara
  • pencahayaan alami
  • penyekat ruangan
  • pagar halaman
  • secondary skin bangunan
  • panel dekoratif ruangan/in door decorative panel
  • panel dekoratif luar ruangan/out door decorative panel  

krawangan GRC sebagai panel dekoratif ruangan
krawangan GRC sebagai panel dekoratif ruangan (sumber : internet) 
krawangan GRC sebagai panel dekoratif luar ruangan
krawangan GRC sebagai panel dekoratif luar ruangan (sumber : internet)
Kesimpulannya penggunaan krawangan GRC pada bangunan rumah bermanfaat bukan hanya sebagai komponen bangunan yang berfungsi sebagai ventilasi udara akan tetapi lebih jauh lagi juga sebagai elemen estetika untuk membentuk aksen fasade bangunan. Harga krawangan GRC mungkin lebih mahal daripada roster beton namun masih sebanding jika mengingat berbagai kelebihannya untuk mempercantik bangunan rumah anda .
Rumah pun menjadi lebih sejuk alami tanpa harus menggunakan perangkat AC (air conditioning) alias penyejuk udara yang artinya bisa menghemat listrik bulanan anda. Bagaimana, apakah anda berminat menerapkan panel GRC yang satu ini ?
krawangan seebagai ornamen atap dikombinasikan dengan kaca
krawangan GRC seebagai ornamen atap dikombinasikan dengan kaca (sumber : internet)
  

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :