SM Biro Bangunan - Mojokerto

Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Desain Sekolah Dasar : KONSEP BANGUNAN SEKOLAH BERGAYA TROPIS

KONSEP BANGUNAN SEKOLAH BERGAYA TROPIS
INFORMASI

Type Bangunan : Sekolah
Konsep Bangunan : Bangunan Tropis
Lokasi : Mojokerto, Jawa Timur
Ukuran Tanah : 15 x 30 m
Ukuran bangunan : 432 m2 (2 lantai)
Client/Owner : SDN Brangkal 2

Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI :
Untuk perancangan kali ini tidak banyak yang bisa disampaikan, karena tidak banyak pilihan yang diberikan selain merenovasi bangunan sekolah dasar dari 1 lantai menjadi 2 lantai. Ini adalah proyek sosial alias non profit demi turut memajukan pendidikan kita.


Pada saat itu direncanakan renovasi dengan budget maksimal 250 juta yang ditujukan untuk merubah gedung seluas 218 m2 menjadi gedung 2 lantai sehingga luasnya menjadi 432 m2, ditambah dengan pekerjaan merenovasi kamar mandi sekolah.

Agar selaras dengan bentuk fasade bangunan lantai 1, serta bangunan-bangunan lain di kompleks sekolah ini, ditambah lagi dengan asumsi budget yang terbatas, tentunya kami tidak banyak pilihan untuk bisa berkreasi. Akan tetapi poin yang tetap tidak boleh ditinggalkan bagi kami adalah, bagaimana supaya penataan ruang bangunan sekolah tersebut sesuai dengan standar arsitektur dan aman bagi pemakainya, sehingga bisa mendukung proses pendidikan yang berlangsung.

Tentu hal yang perlu ditekankan adalah menjamin faktor keamanan bagi murid-murid yang kebetulan ruangan kelasnya berada di lantai 2. Untuk itu maka direncanakan pembuatan pagar tembok yang cukup kuat, bila perlu ditambah dengan railing sehingga kemungkinan seorang anak untuk jatuh dari lantai 2 bisa diminimalisir. Taman dibuat didepan bangunan, sehingga lingkungan sekolah tetap tampak asri.






1 komentar:

  1. Rancangannya bagus, karena mengutamakan keselamatan murid yang berada di lantai 2. Kalau boleh kasih saran untuk kelas 1,2 dan 3 ada di lantai bawah karena masih kecil, trus yang kelas 4,5 dan enam bisa di tempatkan di lantai atas. Salam kenal n sukses Gan, kalau sempat kunjungi balik ke website-ku di: OBYEKTIF.COM kutunggu ya...trims.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :