SM Biro Bangunan - Mojokerto
Jl. RA Basuni No.80 Sooko - Mojokerto

Contact Person :

GSM : 08563019337 (Handoko)
GSM : 08563437092 (Dwi Maria)


SM Biro Bangunan - Jakarta

Chase Plaza 20’th floor
Jl. Sudirman kav 21 Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Contact Person :
GSM :
08170908132 / fleksi 021-70941431 (David. T)


Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Beberapa Tips menciptakan Rumah Hemat Listrik

Energi listrik adalah salah satu kebutuhan primer rumah tangga yang saat ini masih terdengar sulit untuk didapatkan secara memadai di berbagai daerah, baik di pulau Jawa maupun di luar Jawa. Sebagai akibatnya, pemadaman bergilir adalah salah-satu cara yang terpaksa dilakukan pihak PLN untuk menyeimbangkan antara pasokan listrik dan kebutuhan yang ada.
Nah, sebagai konsumen yang baik, kita juga bisa melakukan upaya Hemat Listrik yang bisa diterapkan pada hal-hal kecil di rumah. Dengan melakukan sedikit trik pada peralatan listrik rumah, kita dapat meng-efisienkan konsumsi listrik rumah dan sekaligus membuat pengeluaran rutin bayar listrik perbulan jadi lebih sedikit.



Lampu Penerangan
Gunakan tipe lampu hemat energi agar kita bisa memperoleh pencahayaan yang sama dengan konsumsi listrik lebih hemat. Pemakaian bohlam lampu pijar yang boros listrik pada bangunan rumah sudah bukan jamannya lagi. Bahkan saat ini sudah ada tipe lampu LED yang jauh lebih hemat listrik dan daya tahannya diklaim bisa tahan sampai puluhan tahun lho.
Bila anda masih menggunakan lampu neon, ganti balast trafo dengan balast elektronik/balastron yang bisa menghemat listrik sampai 20 persen. Jangan lupa bersihkan kap lampu untuk memperoleh terang yang maksimal. Pada siang hari, gunakan pencahayaan alami semaksimal mungkin. Pada waktu malam, matikan lampu penerangan yang tidak perlu saat waktu tidur.
 

Pendingin Ruangan / Air Conditioner (AC)
Bagi anda yang menggunakan pendingin ruangan atau AC, ganti AC lama anda dengan tipe-tipe terbaru yang dilengkapi konverter sehingga lebih hemat listrik. Gunakan AC dengan kebutuhan daya sesuai dengan ukuran ruangan. Selain itu atur suhu secukupnya saja, jangan terlalu dingin karena akan memperbesar konsumsi listrik rumah.
Perawatan AC secara rutin akan dapat menjaga kinerja AC tetap stabil sehingga kebutuhan daya listrik juga ikut stabil.


Tandon Air
Bila kebetulan anda bukan konsumen PDAM, penggunaan tandon air yang dipasang diatas rumah dapat mengoptimalkan kerja pompa air listrik dalam menyedot air dari sumur. Selanjutnya distribusi air bersih pada rumah dapat dilakukan secara gravitasi tanpa perlu menggunakan daya listrik lagi. Gunakan saklar otomatis yang bisa mengatur penggunaan listrik pada pompa air langsung terputus saat tandon penuh dan menyala lagi saat persediaan air di tandon tinggal sedikit.




Kulkas
Bila anda berencana beli kulkas baru, pilih tipe yang hemat energi. Bila di rumah anda sudah ada kulkas, jangan biasakan untuk memasukkan makanan yang masih hangat/panas kedalam kulkas karena akan memperberat kerja kompresor yang selanjutnya akan memperbesar kebutuhan daya listrik di rumah anda.
Penempatan kulkas sebaiknya diberi jarak 15 sentimeter dari tembok/dinding rumah untuk melancarkan sirkulasi pertukaran panas pada kisi-kisi penukar panas pada kulkas anda.



Mesin Cuci
Gunakan mesin cuci secara optimal dengan mencuci pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci anda. Maksudnya, jika kebetulan anda memiliki mesin cuci kapasitas 6 kilogram, kurang efektif alias boros listrik jika hanya dipakai mencuci pakaian seberat 1 kg saja. Namun sebaliknya jangan paksa mesin cuci ukuran 6 kg untuk mencuci pakaian seberat 9 kg karena bisa rusak nantinya…he..he..:D


Setrika listrik
Gunakan tipe setrika listrik otomatis yang memiliki termostat sehingga bisa menatur tingkat panas sesuai dengan kebutuhan pakaian yang diseterika, biasanya diatur dari tingkat panas yang terendah yaitu : jenis kain nylon/nilon-silk/sutera-wool/wool-cotton/katun-linen/linen
Jangan lupa bersihkan bagian bawah setrika bila terdapat kerak. Lebih baik lagi jika anda menggunakan alas setrika khusus karena hasil setrika lebih cepat rapi, sehingga bisa menghemat listrik sekaligus pula bisa menghemat waktu anda.




Televisi
Jangan biasakan televisi menyala berjam-jam tanpa ada yang melihat. Jika anda berencana beli televisi baru, beli tipe yang hemat listrik, sekalipun mungkin relatif mahal namun jika diperhitungkan konsumsi listrik saat pemakaiannya dalam jangka waktu lama juga mirip-mirip saja.


Komputer / PC
Komputer kini menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi setiap rumah, terutama jika anda juga hobi blogging seperti saya. Ganti monitor tabung dengan monitor LCD, selain hemat listrik juga memberi kesan modern pada perabot rumah anda. Jika anda berencana beli komputer, saya sarankan untuk memilih laptop/notebook, karena selain hemat listrik juga lebih praktis bisa dibawa kemana-mana.
  

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan di bawah ini :