Contact Person :
GSM : 081336090047 Fleksi : 0321-6232208 (Tunggal)
GSM : 081331048590 Fleksi : 0321-6233363 (Helmy)

SM Biro Bangunan - Jakarta
Chase Plaza 20’th floor
Jl. Sudirman kav 21 Jakarta Selatan - DKI Jakarta
GSM : 08170908132 / fleksi 021-70941431 (David. T)

SM Biro Bangunan - Jember
Jl. kertanegara X/28
Kab. Jember - Jawa Timur
GSM : 081336090047 (Tunggal)

Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com

Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Desain Rumah Bpk Yadi : DESAIN RUMAH USAHA

RUMAH USAHA, SEBUAH PILIHAN TEMPAT TINGGAL NYAMAN MERANGKAP TEMPAT USAHA

INFORMASI
Type Bangunan : Rumah Tinggal dan Tempat Usaha
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis
Lokasi : Bima, Sumbawa (NTB)
Ukuran Tanah : 220 m2
Ukuran Bangunan : 300 m2 (2 lantai)
Client/Owner : Bpk Yadi
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan

NARASI
Berikut ini adalah job perancangan dari luar pulau alias dari pulau Sumbawa, tepatnya di kota Bima. Kami mendapat job desain dari pak yadi, yang mendapat info birobangunan dari blog birobangunan.Job ini kami dapat pada pertengahan bulan April kemarin, namun karena banyaknya kesibukan, akhirnya baru sekarang sempat kami upload buat pembaca sekalian.

Beliau berkeinginan untuk membangun rumah tinggal merangkap tempat usaha berupa toko. Desain rumah tersebut dibuat 2 lantai namun harus tetap terkesan sebagai rumah 1 lantai (wah, special request nih…hehehe..). Setelah mendapat data berupa peta lahan, denah rumah yang diinginkan dan beberapa kali konsultasi via telp, sms dan e-mail akhirnya jadilah desain rumah usaha ini seperti ini.

Konsep rumah usaha merupakan sebuah pilihan tipe rumah yang digemari oleh sebagian kalangan, khususnya mereka yang berkecimpung di dunia entrepreneur alias wira usaha. Namun satu prinsip dasar yang perlu diperhatikan dalam membuat rumah demikian adalah, bagaimana membagi space sedemikan rupa agar tetap ada batas antara ruang bisnis dan ruang keluarga. Selanjutnya fasade rumah harus disetting agar kedua ruang yang berbeda fungsi ini harus tetap bersinergi demi menciptakan satu kesatuan yang bagus dari sebuah rumah.

Simpelnya, bagaimana dari penyatuan fungsi yang berbeda pada sebuah bangunan rumah tersebut justru akan menciptakan  keindahan rumah yang alami dan tidak terkesan dipaksakan alias seakan-akan salah satu menempel pada yang lain…(jadi ingat pada bunga anggrek yang sekalipun menempel, justru menciptakan keindahan pada pohon inangnya deh…)

So, dalam desain rumah ini juga tetap memuat prinsip tersebut dimana pembagian ruang untuk toko diletakkan sedemikan rupa di sisi kanan rumah, teras di posisi tengah dan carpot di sisi kiri rumah. Bentuk lahan yang tidak tegak lurus alias menyerong dengan arah jalan justru menjadi membuat lahan parkir toko lebih luas.

Selanjutnya blocking massa berupa pilar berwarna biru dibuat sebagai batas psikologis antara ruangan toko dan rumah tinggal. Diatas toko dibuat dinding tembok berwarna kuning mencolok buat menarik perhatian pemakai jalan dan sebagai tempat bilboard/papan iklan. Taman penghijau dibuat sebagai pemanis sekaligus pula sebagai pagar hidup dari teras rumah terhadap jalan. Railing dari besi kotak sengaja dipasang di teras yang berfungsi sebagai sekat pembatas pandangan langsung dari muka jalan terhadap pintu depan demi menambah kenyamanan penghuni rumah.


Atap carpot dibuat dari plat beton berdasar pertimbangan keawetan dibanding atap policarbonat, disertai railing besi kotak. Bentuk atap genteng pada bangunan lantai 2 dibuat dengan tipe pelana dan atap lantai 1 dibuat dengan tipe sosoran berdasarkan aspek kesederhanaan struktur dan efisiensi material. Nah, semoga desain rumah usaha ini bisa menjadi bahan inspirasi bagi kami dan rekan-rekan pembaca sekalian.

Desain Kapling Perumahan : Beberapa Desain Perumahan berbagai Tipe

Aneka Desain Rumah mulai Gaya Minimalis hingga American Style

INFORMASI
Type Bangunan : Rumah Tinggal dan Ruko
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis dan Gaya Western / Amerika
Lokasi : Mojokerto, Jawa Timur (Jatim)
Ukuran Tanah : bervariasi
Ukuran Bangunan : tipe 30, tipe 40, tipe 54, tipe 60, tipe 70
Client/Owner : Bpk Hendry
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan


NARASI
Sebelumnya kami mohon maaf kepada para rekan-rekan blogger dan pembaca sekalian karena sudah sebulan lebih belum sempat update....maklum nih lagi banyak kesibukan baik job desain maupun di project....hehehe..
Nah, langsung aja pada point-nya...berikut adalah satu job perancangan sekitar awal bulan April kemarin dari sebuah developer alias pengembang perumahan di Kota Mojokerto, yang mempercayakan kepada kami untuk membuat desain rumah dalam berbagai tipe (borongan total nih...) pada di perumahan milik mereka.

Ya...namanya saja perumahan ya tentunya tipe-tipe rumah yang dirancang adalah tidak asing bagi mereka, yaitu rumah tipe 30, rumah tipe 40, rumah tipe 54, rumah tipe 60, rumah tipe 70 plus sebuah desain ruko. Dan lantaran jumlah desainnya agak banyak ditambah beberapa kali musti revisi sana-sini...ya akhirnya blog birobangunan jadi sempat terabaikan nih.....hehehe...Dengan mempercayakan desain pada kami, kan lumayan selain dapat gambar kerja, RAB juga mendapatkan gambar 3D (promosi nih !! ) yang bisa dipakai sbagai bahan desain brosur perumahan buat disebar pada calon konsumen.

 Rumah Tipe 30 :
Rumah Tipe 40 :

Rumah Tipe 54 :

Rumah Tipe 60 :

Rumah Tipe 70 :

Kalo soal model, ya tentu saja mengikuti tren rumah saat ini yaitu minimalis yang condong ke gaya Modern Minimalis dengan ciri khas berupa bukaan-bukaan pintu dan jendela yang lebar dengan mengeksploitasi material kaca. Untuk kusen jendela dengan bukaan demikian dianjurkan supaya memakai kusen alumunium karena akan lebih sering terkena terpaan cuaca dibandingkan gaya Minimalis Tropis. Ornamen bangunan dibuat simpel saja, paling-paling menggunakan perpaduan garis-garis lurus vertikal dan horisontal ataupun dengan mengekspos batu alam sebagai wujud kesederhanaan gaya Minimalis. Sekalipun demikian, harga batu alam adalah relatif mahal, karena itu hanya diterapkan pada tipe 70, dan untuk tipe 30 disiasati dengan permainan warna-warna tembok untuk menekan biaya.

Namun untuk tipe 54 dan 60, sengaja dipilih gaya western alias American Style....kami juga kurang tahu kenapa yang ngasih job memilih gaya tersebut, mungkin mereka lebih tahu sebabnya karena namanya saja pengembang alias developer kan tentu lebih paham tentang strategi pemasaran pada bisnis perumahan...hehehe..

Untuk di posisi-posisi strategis alis di muka lokasi perumahan, peruntukan lahan tersebut dibuat untuk ruko alias rumah toko yang juga kami buatkan desainnya. Mungkin saja karena kalo disitu dibuat untuk rumah tinggal, nantinya bakal jadi rumah toko juga, so daripada pemilik rumah musti repot merenovasi rumah kan sekalian saja sekarang dibuat ruko, pasti bakal laku deh. Bagaimana, anda juga berminat ?

Tipe Ruko