SM Biro Bangunan - Mojokerto
Jl. RA Basuni No.80 Sooko - Mojokerto

Contact Person :

GSM : 08563019337 (Handoko)
GSM : 08563437092 (Dwi Maria)


SM Biro Bangunan - Jakarta

Chase Plaza 20’th floor
Jl. Sudirman kav 21 Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Contact Person :
GSM :
08170908132 / fleksi 021-70941431 (David. T)


Info cara order bisa dilihat di halaman CARA PEMESANAN DESAIN,
untuk tanya jawab silahkan kontak by phone / sms atau kirimkan pesan by e-mail ke : sm.birobangunan@gmail.com



Motto : Anda-lah Arsiteknya, kami hanya membantu mewujudkan bangunan impian Anda

Desain Rumah Pak Septa : Desain Rumah bergaya villa dengan mendapatkan pencahayaan alami

Desain Rumah Minimalis dengan Memaksimalkan Pencahayaan Alami 

INFORMASI
Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis
Lokasi : Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim)
Ukuran Tanah : 7 x 15 m (1 Kavling)
Ukuran Bangunan : 166 m2 (2 lantai)
Client/Owner : Bpk Septa
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI
Kali ini kami ingin menampilkan sebuah job desain rumah sekitar awal bulan Maret 2010 kemarin. Desain rumah ini adalah job dari Pak Septa, yang mendapat informasi tentang keberadaan SM Biro Bangunan dari Internet. Setelah mengontak kami via telepon, dilanjutkan dengan saling berkirim e-mail maka langkah berikutnya kami kerjakan desain bangunan rumahnya.
Desain rumah ini berbasis tanah kavling yang memiliki ukuran standar (7 x 15 m) dengan lokasi di sekitar Bandara Juanda, Sidoarjo (Kebanyakan orang menganggap Bandara Juanda adalah di Surabaya padahal sebenarnya lokasi bandara tersebut adalah masuk wilayah Kabupaten Sidoarjo, he..he..).
Dengan begitu banyaknya kebutuhan ruang yang harus disediakan, alhasil penataan lay out ruangan pada bangunan rumah ini dibuat sebagai bangunan 2 lantai dengan luas total sekitar 166 meter persegi. Salah satu ciri khas dari desain rumah ini adalah kami ingin mengoptimalkan pencahayaan alami pada ruangan, sehingga jendela sengaja kami buat lebar-lebar. Ya, orang bilang bangunan mirip villa, yang biasanya memiliki jendela lebar-lebar supaya para peghuni bisa lebih leluasa mendapatkan view pemandangan alam yang indah. Kalau di dekat bandara Juanda, mungkin bangunan rumah dengan jendela lebar-lebar bisa merasakan sensasi tersendiri saat melihat pesawat hendak landing.
Memang desain jendela ini terlebih bagus sih dan terkesan modern, namun kekurangannya adalah kusen dengan kaca-kaca lebar sebagaimana terlihat pada fasade rumah ini adalah mudah diterpa limpasan air hujan, terlebih bila hujan deras. Agar perawatan lebih mudah, maka untuk rumah ini kami sarankan supaya menggunakan kusen alumunium yang tahan cuaca daripada kusen kayu. Selain itu dengan menggunakan kusen alumunium maka bisa dibuat kedap air dengan pemberian silicon sealant pada kaca jendela. Desain atap carpot dibuat dari rangka besi dan  policarbonat yang digantung pada pilar-pilar samping untuk menghindari kesan berat. Ya, kami berharap semoga pak Septa bisa nyaman dengan desain rumah ini. Anda juga berminat ?

Desain Rumah Pak Hery (Alt 2) : Upaya Redesain Fasade + Revitaliasi Bangunan Rumah

Upaya Renovasi dengan Mengoptimalkan Struktur Bangunan Rumah Eksisting (Alternatif 2)

INFORMASI
Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis
Lokasi : Mojokerto, Jawa Timur (Jatim)
Ukuran Tanah : 8 x 12 m (1 Kavling)
Ukuran Bangunan : 110 m2 (2 lantai)
Client/Owner : Bpk Hery
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan




NARASI
Nah desain rumah ini sebenarnya masih berkaitan erat dengan job desain dari Pak Hery pada akhir Februari 2010 kemarin, hanya saja ini adalah desain alternatif jika dibuat pengembangan rumah eksisting menjadi bangunan rumah 2 lantai.

Beberapa Tips menciptakan Rumah Hemat Listrik

Energi listrik adalah salah satu kebutuhan primer rumah tangga yang saat ini masih terdengar sulit untuk didapatkan secara memadai di berbagai daerah, baik di pulau Jawa maupun di luar Jawa. Sebagai akibatnya, pemadaman bergilir adalah salah-satu cara yang terpaksa dilakukan pihak PLN untuk menyeimbangkan antara pasokan listrik dan kebutuhan yang ada.
Nah, sebagai konsumen yang baik, kita juga bisa melakukan upaya Hemat Listrik yang bisa diterapkan pada hal-hal kecil di rumah. Dengan melakukan sedikit trik pada peralatan listrik rumah, kita dapat meng-efisienkan konsumsi listrik rumah dan sekaligus membuat pengeluaran rutin bayar listrik perbulan jadi lebih sedikit.



Lampu Penerangan
Gunakan tipe lampu hemat energi agar kita bisa memperoleh pencahayaan yang sama dengan konsumsi listrik lebih hemat. Pemakaian bohlam lampu pijar yang boros listrik pada bangunan rumah sudah bukan jamannya lagi. Bahkan saat ini sudah ada tipe lampu LED yang jauh lebih hemat listrik dan daya tahannya diklaim bisa tahan sampai puluhan tahun lho.
Bila anda masih menggunakan lampu neon, ganti balast trafo dengan balast elektronik/balastron yang bisa menghemat listrik sampai 20 persen. Jangan lupa bersihkan kap lampu untuk memperoleh terang yang maksimal. Pada siang hari, gunakan pencahayaan alami semaksimal mungkin. Pada waktu malam, matikan lampu penerangan yang tidak perlu saat waktu tidur.
 

Desain Rumah Pak Hery : Upaya Face Off Fasade + Revitaliasi Bangunan Rumah

Upaya Renovasi dengan Mengoptimalkan Struktur Bangunan Rumah Eksisting


INFORMASI
Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis
Lokasi : Mojokerto, Jawa Timur (Jatim)
Ukuran Tanah : 8 x 12 m (1 Kavling)
Ukuran Bangunan : 64 m2 (1 lantai)
Client/Owner : Bpk Hery
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan






NARASI
Kali ini kami ingin menampilkan sebuah job desain rumah yang baru selesai pada akhir bulan Februari 2010 kemarin. Job desain rumah ini datangnya dari Pak Hery, warga kabupaten Mojokerto yang menginginkan perancangan desain sebuah rumah milik beliau yang  berlokasi di sebuah perumahan sekitar kawasan utara Kota Mojokerto.